Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Bangun Datar Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Subjek dalam penelitian ini adalah subjek penilai ahli diantaranya penilaian ahli media dan penilaian ahli materi, subjek pengguna yaitu guru dan siswa, dan subjek sasaran yaitu siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan instrumen penelitian untuk selanjutnya dianalisis data kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) melalui analisis kebutuhan media pembelajaran diperoleh data bahwa media pembelajaran berbasis komputer dibutuhkan dalam proses pembelajaran, (2) desain pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash mengacu pada model pengembangan 4-D (Four-D) yang meliputi 4 tahap yakni tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develope), dan tahap penyebaran (Dessiminate), (3) kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash berdasarkan analisis olah data diperoleh nilai rata-rata 4.4, sehingga data tersebut berada dalam kategori “Sangat Valid”, dan (4) kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash berdasarkan analisis olah data diperoleh nilai rata-rata 4.7, sehingga data tersebut berada pada kategori “Sangat Praktis”.
Downloads
References
Basri, S. 2015. Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di SD Unggulan se Kabupaten Bulukumba. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.
Darari, M. B. 2017. Penggunaan Media Adobe Flash pada Pembelajran Kesebangunan dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 7 Medan. Jurnal Handayani. 7 (2), 33 – 41.
Hanafri, M. I., Budiman, A., & Akbar, N. A. 2015. Game Edukasi Tebak Gambar Bahasa Jawa Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global. 5 (2), 50-53.
Heruman. 2017. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Khuzaini, N. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 untuk pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester II Materi Trigonometri. Jurnal Agrisains, 5 (2), 192 – 209.
Mairing, J. P. 2018. Pemecahan Masalah Matematika (Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Brpikir Kreatif dan sikap Positif). Bandung: Alfabeta.
Muhsetyo, G. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Penerbit Universitas Terbuka.
Munir. 2012. Multimedia konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Pertami, D. 2014. Penerapan Metode Mastery learning pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan UNM.
Putra, M. T. M., Sari, A. K., & Risnasari, M. 2018. Pengembangan Game Educative Berbasis Android pada Materi bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic. 5 (1), 39-47.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, et al. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Salam, A. 2013. Pengembangan media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS4 Proffesional pada Materi Pokok Sistem Koloid. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana UNM.
Septiani, E. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mengintepretasi Makna Teks Cerita Ulang Biografi Berbasis Flash untuk Kelas XI SMA/SMK/MA. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Bahasa dan seni UNNES.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Surjono, H. D. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Widoyoko, E. P. 2017. Evaluasi Program pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, T. Y. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Macromedia Flash pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal TIK dalam pendidikan. 5 (2), 195-209.