Media Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar untuk Pembelajaran Tematik dan Cara Mengetahuinya?
Abstract
Pendidikan dari waktu ke waktu telah menyaksikan perubahan besar karena persyaratan perubahan populasi modern. Seperti pemanfataan media dalam pembelajaran dapat membuat guru pada abad ke-21 untuk terlatih dalam menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Akan tetapi pada saat yang sama, kebutuhan pendidikan, peluang, dan karakteristik usia dari setiap siswa di kelas perlu diperhitungkan. Hal ini menjadi permasalahan karena banyaknya media pembelajaran yang digunakan dikelas kurang memperhatikan karakteristik siswa itu sendiri. Sehingga dengan adanya dengan adanya artikel ini dapat membantu guru memilih media yang layak dalam pembelajaran tematik berdasarkan karakteristik siswa SD. Oleh karena itu jenis penelitian ini yaitu studi literature. Adapun hasil yang didapatkan yaitu game edukasi adalah jenis media pembelajaran yang dirancang memudahkan diimplementasikan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Permainan edukatif sebagai salah satu media bersifat terbuka, dapat digunakan bersama orang lain. Media pembelajaran Kahoot! dan Edmodo, dapat menjadi pertimbangan guru yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar dalam pembelajaran tematik. Hal ini disebabkan karena siswa didorong untuk bermain sambil belajar dan menggunakan aplikasi tersebut dapat dilakukan dikelas dan dapat dilakukan selama pembelajaran jarak jauh.
Downloads
References
Alabdulaziz, M. S., & Alhammadi, A. A. (2021). Effectiveness of Using Thinking Maps Through the Edmodo Network to Develop Achievement and Mathematical Connections Skills Among Middle School Students. Journal of Information Technology Education: Research, 20, 1–34. https://doi.org/10.28945/4681
Chernov, V., Klas, S., & Shaharabani, Y. F. (2021). INCORPORATING KAHOOT! IN CORE ENGINEERING COURSES: STUDENT ENGAGEMENT AND PERFORMANCE. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 326–339. https://doi.org/10.3926/jotse.1120
Davidson, E. (2020). Potentials of care: The uncertain politics of social and emotional ability and difference in American childhood. Children and Society, 34(4), 245–260. https://doi.org/10.1111/chso.12403
Hoch, E., Scheiter, K., & Schüler, A. (2020). Implementation Intentions for Improving Self-Regulation in Multimedia Learning: Why Don’t They Work? Journal of Experimental Education, 88(4), 536–558. https://doi.org/10.1080/00220973.2019.1628693
Kaulan, M. (2018). PERMASALAHAN PEMBELAJARAN IPS DAN STRATEGI JITU PEMECAHANNYA. Ittihad, 2(1), 43–53.
Litualy, S. J., Serpara, H., & Wenno, E. C. (2022). The effect of Kahoot! learning media on learning outcomes of German language students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), 254–261. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20458
Lo, Y. W., & Ku, C.-H. (2021). Exploring the Effectiveness and Impacts of Different Types of Media in Science Learning. Proceedings of the 4th International Baltic Symposium on Science and Technology Education, BalticSTE202, 115–125. https://doi.org/10.33225/balticste/2021.115
Lu, J. (2022). Exploring the adoption of social media in self-paced physical activity in early childhood education: a case in central China. Educational Technology Research and Development, 70(1), 321–338. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10059-8
Mulyati, Erika, K. A., & Yusuf, S. (2022). The Effectiveness of Diet and Physical Activity on The Prevention of Diabetes in Pre-Diabates Adolescents: A Literature Review. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(1), 41–50. file:///C:/Users/ACER/Downloads/805-Article Text-4396-1-10-20220227.pdf
O’Rourke, V., & Miller, S. (2022). Improving children’s wellbeing through media literacy education: An Irish study. Journal of Media Literacy Education, 14(1), 94–107. https://doi.org/10.23860/JMLE-2022-14-1-7
Rahman Talukder, M. M., Green, C., & Mamun-ur-Rashid, M. (2021). Primary science teaching in Bangladesh: A critical analysis of the role of the DPEd program to improve the quality of learning in science teaching. Heliyon, 7(2). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06050
Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2791
Thangjai, N. (2022). Developing Inquiry Learning Characteristics of Grade 7 Students Using Integrated 5E’s of Inquiry-Based Learning and Game-Based Learning. Journal of Educational Issues, 8(1), 137. https://doi.org/10.5296/jei.v8i1.19547
Ulyawati, U., & Sugito, S. (2022). Digitization of Elementary School Science Learning In The Industrial Era 4.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2049–2064. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.746
Wati, U., Hastuti, W. S., & Mustadi, A. (2021). Analysis of Student Creativity in Developing Science Learning Media during the COVID-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2790–2799. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.612