Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Ayu Anggriani Ismail UPTD SDN 27 Barru, Indonesia
Keywords: model pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization (TAI), hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model  pembelajaran  kooperatif  tipe  Team Assisted Individualization (TAI) pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa pemanfaatan sumber daya alam dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 15 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian proses pembelajaran pada aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase pencapaian 83% sedangkan pada aspek siswa berada kulaifikasi baik (B) dengan persentase pencapaian 91,1% dan hasil belajar berada pada kualifikasi cukup (C) dengan persentase nilai ketuntasan 53,3%. Sedangkan Pada siklus II hasil penelitian proses pembelajaran pada aspek guru berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase pencapaian 94% sedangkan pada aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase pencapaian 95,9% dan hasil belajar berada pada kualifikasi baik (B) dengan persentase nilai ketuntasan 86,6%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV UPTD SDN 27 Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustan, P. B. (2019). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 169–177.

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1–14.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. JakartaL: Rineka Cipta.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 3(1), 34–44.

Hasan, K., Hakim, A., & Fajar. (2018). Road Map Pelaksanaan Kultur Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(2).

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Lestariningsih, N. D., Maslacha, H., Ardiyanto, D., Hutama, H. A., Boru, M. J., Fachrozi, I., Rodriquez, E. I. S., Prasetyo, T. B., & Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nurzakiaty, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Integral di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 3(2), 31–46.

Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 41(1), 37–54.

Qur’an, A. A. (2017). Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Berkelanjutan Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 1–24.

Ramlan, M. (2013). Meningkatkan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. JURNAL Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), 1(1), 110–122.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2022-05-30
How to Cite
Ismail, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(2), 90-97. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/197
Section
Articles