Analisis Proses Berpikir Reflektif Gaya Kognitif Konseptual Tempo dalam Memecahkan Masalah Matematika
Abstract
Masalah penelitian ini adalah proses berpikir reflektif gaya kognitif konseptual tempo dalam memecahkan masalah matematika siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif gaya kognitif konseptual tempo dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian terdiri dari empat siswa kelas V SD Negeri 87 Pattiro Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu 1) Reduksi data, 2) Tahap penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode waktu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Subjek fast accurate dan subjek reflektif mencapai setiap fase proses berpikir reflektif meliputi fase reacting, comparing dan contemplating. Sementara, Subjek impulsif dan subjek slow inaccurate mencapai fase proses berpikir reflektif hanya pada fase reacting dan comparing. Dapat disimpulkan bahwa Subjek fast accurate cepat dalam memberikan respons tanpa melalui pertimbangan yang matang sehingga solusi yang diberikan tidak terstruktur dan terjadi beberapa kekeliruan, tetapi dapat segera disadari sehingga solusi yang diberikan cenderung tepat. Subjek impulsif cepat memberikan respons tanpa melalui pertimbangan yang matang akibatnya respons yang diberikan cenderung keliru. Subjek reflektif menelaah dengan penuh pertimbangan setiap alternatif yang mungkin saat dihadapkan dengan suatu masalah sedemikian sehingga cenderung lama dalam memberikan respons, respons yang diberikan tidak terlalu rinci tetapi cenderung tepat. Sementara subjek slow inaccurate lama dalam memberikan respons, namun tidak disertai dengan pertimbangan secara menyeluruh sebab subjek cenderung memberikan respons yang tidak diyakini oleh dirinya sendiri.
Downloads
References
Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, P. R. (2012). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Gamatika, 2(2), 120-127.
Suharna, H. (2012). Berpkir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemahaman Masalah Pecahan. Makalah dipresen- tasikan dalam Seminar Nasional matematika dan Pendidikan Matematika, FMIPA UNY, Yogyakarta, 10 November.
Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 4(1), 1393-1406.
Tisngati, U. (2015). Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 127-136.
Wahyudi dan Budiono, I. (2012). Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Warli. (2009). Pembelajaran Kooperatif Berbasis Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif (Studi Pendahuluan Pengembangan Model KBR-I). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, (567-574). Yogyakarta: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Suroto. (2013). Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 13-24.