Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Bunga Pecahan di Kelas III
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan sederhana melalui media bunga pecahan di kelas III SD 20 Manyampa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reasech) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD 20 Manyampa sebanyak 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bunga pecahan meningkatkan hasil belajar pecahan sederhana pada siswa kelas III SD 20 Manyampa. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 22 siswa hanya 7 siswa atau 31,81% yang memenuhi kriteria ketuntasan menimal (KKM) atau berada pada kategori sangat rendah. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 68,87%. Sedangkan pada siklus II dimana dari 22 siswa terdapat 19 siswa atau 86,36% telah memenuhi KKM dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 84,84% atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas III SD 20 Manyampa, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan dengan menggunakan Media Bunga Pecahan mengalami peningkatan.
Downloads
References
Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahanani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Al-Khwarizmi, Volume III, Edisi 2, Oktober 2015, Hal. 21-30.
Nikmah, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Duren Kecamatan Tangeran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri.
Sadiman, A. S, dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.