Peningkatan Hasil Belajar Luas Permukaan Kerucut Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achievement Division (STAD) kelas VI di SD YPPGI Kanggime Kabupaten Tolikara Provinsi Papua mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi luas permukaan kerucut peserta didik kelas VI SD YPPGI Kanggime Kabupaten Tolikara Provinsi Papua. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu data hasil belajar dianalisis secara kuantitaf dan data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD YPPGI Kanggime Kabupaten Tolikara Provinsi Papua. Berdasarkan analisis hasil belajar dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) pada materi luas permukaan kerucut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD YPPGI Kanggime Kabupaten Tolikara Provinsi Papua. Terlihat pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari persentase sesuai indikator keberhasilan yaitu 75%.
Downloads
References
Asriningtyas, Kristin, &Anugraheni (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1). http: jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat
Haris, Nurdiyan (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Sikap Tanggung Jawab. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang Vol. 4 (2 ) https://core.ac.uk/download/pdf/275909888.pdf
Hidayat, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 2(1), 95-
101. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/164
Komariyah, S., & Laili, A. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. doi:https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523
Noor, Sugian (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, (1) https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/927/522
Rismawaty, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Nubin Smart Journal, 1(1), 89-95. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/166
Wijaya & Arismunandar (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray, V 16(2) https://media.neliti.com/media/publications/265649- pengembangan-model-pembelajaran-kooperat-bfee4b67.pdf
ZL, H., Rohana, R., & Mahmud, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kerjasama Siswa Kelas V SD. Nubin Smart Journal, 1(1), 15-21. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/3