Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas III
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahab observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Duyu Kota Palu sebanyak 26 orang yang terdiri dari 15 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hal itu dibuktikan dari hasi belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang atau belum mencapai KKM. Pada siklus II hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri Duyu Kota Palu.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Make a Match
Downloads
References
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bundu, Patta. (2016). Asesmen Pembelajaran (Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar). Padang: Hayfa Press.
Elafanany, Burhan. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.
Etin Solihatin. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
------. (2016). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paradigma). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Kesuma, A. T. (2013). Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Mudyahardjo, Redja. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nur Asma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Novianti. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Geoboard pada Materi Bangun Datar di Kelas IIIII SMP Negeri Bireuen. Journal Variasi, 18-22.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghali Indonesia.
Sindring, Abdullah.dkk. (2016). Panduan penulisan skripsi mahasiswa FIP UNM. Makassar: Badan Penerbit UNM
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning (Teori & Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)). Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.