Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Materi Kenampakan Alam Tehadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

  • Kamaruddin Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Lukman Lukman Universitas Negeri Makassar
  • Rini Angreni Universitas Negeri Makassar
Keywords: diorama, hasil belajar, kenampakan alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media diorama pada materi kenampakan alam kelas V SD di Kelurahan Manarang, bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media diorama pada materi kenampakan alam kelas V SD di Kelurahan Manarang, dan Apakah penggunaan media diorama lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan tanpa menggunakan media diorama kelas V SD di Kelurahan Manarang. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan desain Pre-Experimental dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Jenis teknik ssmpel random sampling atau pengambilan acak sederhana dengan jumlah sampel 13 orang siswa di kelas kontrol dan 13 orang siswa di kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil tes pretest, posttest, dan skor N Gain dengan data berupa   tabel distribusi. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis data skor N Gain kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan (sig (2-tailed)/2)) <   adalah 0,0005 atau kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media diorama lebih berpengaruh dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan media diorama terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di Kelurahan Manarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ain, N., & Kurniawati, M. (2012). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Nurul. Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, 316–328.

Ani Iswandari. 2017. Efektivitas Media Diorama Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Autis Kelas IV Di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Astriani, siska ana. 2018. Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Probalinggo: Universitas Nurul Jadid.

Hakim, A., Israwaty, I., & Rustam, D., H. 2020. Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 1-6

Hasan, K. 2019. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Gowa: Agma.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mudlofir, A., & Rusydyah, E. F. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktek. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sinring, A., Saman, A., Pattaufi, & Amir, R. 2016. Panduan Penulisan Skripsi (Proposal, Skripsi, & KaryaIlmiah). Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syahrum, Syahrum and Salim, S. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (p. hal 115-116).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun l2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta

Published
2023-02-24
How to Cite
Kamaruddin, K., Lukman, L., & Angreni, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Materi Kenampakan Alam Tehadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Nubin Smart Journal, 3(1), 49-60. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/181
Section
Articles