Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

  • Hastuti Hastuti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Fatimah Tola Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Basri Basri Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: hasil belajar IPS, aktivitas, pembelajaraan kooperatif tipe TAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan model Kooperatif Tipe team assisted individualization Pada Murid Kelas V SD Negeri Bontonompo Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data observasi aktivitas belajar murid dilakukan pada setiap proses pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar murid dilakukan pada setiap akhir siklus. Adapun Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran model Kooperatif Tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada murid kelas V SD Negeri Bontonompo Kabupaten Gowa. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri Bontonompo Kabupaten Gowa sebanyak 33 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 15 perempuan.. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Siklus 1 diperoleh skor rata-rata hasil belajar murid 63,03 dari nilai ideal 100 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 80,45 dari nilai ideal 100. Kehadiran, perhatian dan menganalisa gambar, mengajukan pertanyaan, kerjasama dalam kelompok, mengajukan tanggapan/komentar, dan menyimak penjelasan guru menunjukkan adanya peningkatan yang nampak dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan hasil belajar IPS  murid kelas V SD Negeri Bontonompo Kabupaten Gowa melalui model pembelajaran Kooperatif  Tipe team assisted individualization (TAI) mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdikbud. (2003). Panduan Bimbingan Teknis Guru SD/MI Bidang Studi IPS. Depdikbud.
Didi, S. (1999). Evaluasi Pengajaran. Depdikbud.
Djepok. (2011). Hakikat dan Konsep Dasar IPS.22 Oktober 2011.www.blogspot.com
Hamsirah. (2009). Pembelajaran IPA Tentang Rangka Manusia Melalui Model Pembelajaran TAI Kelas IV SDN 009 Tarue Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Makassar: FKIP Universitas Negeri Makassar
Kireyiha. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization. 21 Agustus 2011. www.shampobiya.com
Nanit. (2011). Pendapat Ahli IPS. 11 Oktober 2011. www.blogspot.com
Nasution, S. (2000). Diktatik Asas-Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Roestiyah, (1994). Diktatik Metodik. Jakarta : Bumi Aksara
Sadirman.A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. (2009). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R. (2008). Cooperative Learning . Bandung: Nusa Media
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suharsimi. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tiro. (2004). Pengenalan Biostatika. Makassar: Andira Publisher.
Wiriaatmajda, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-02-28
How to Cite
Hastuti, H., Tola, S., & Basri, B. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Nubin Smart Journal, 2(1), 125-133. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/171
Section
Articles