Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD

  • Inda Inda SDN 161 Pakkodi
Keywords: problem based learning, hasil belajar, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi hitung campuran bilangan cacah pada siswa kelas VI SDN 161 Pakkodi melalui metode Problem Based Learning (PBL). Bentuk Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan siswa kelas VI SDN 161 Pakkodi tahun 2020/2021 dengan jumlah siswa 14 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar siswa setelah siswa mendapatkan pembelajaran model PBL pada siklus I dan siklus II. Observasi digunakan untuk mengetahui kondisi pembelajaran baik dari guru maupun siswa saat mendapatkan pengajaran baik dari siklus I maupun siklus II. Metode dokumentasi untuk menguji kesahihan data dengan menampilkan berbagai bukti berupa foto. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas VI SDN 161 Pakoddi Kabupaten Enrekang pada tahun ajaran 2020/2021 dapat meningkatkan pembelajaran matematika dengan materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Dimana terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada pra siklus yaitu 61, siklus 1 yaitu 74, dan siklus 2 yaitu 82. Dengan ketuntasan belajar pada siklus 1 yaitu 64% dan pada siklus 2 yaitu 86%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathurrohman M, Sulistyorini. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rinneka Cipta.

Fauzia, H.A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 7(1), 40-46.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1—12.

Kurnia, U., Hamdi., & Nurhayati. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 5 Padang. Jurnal Pillar of Physics Education, Vol. 6. (Oktober), 105-112 105

Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10, 1-5

Maret., & Syarifuddin, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(1), 106-112 DOI: 10.25273/jems.v9i1.8746

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–107.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Tudents, E. N. S., Ctivities, L. E. A., & Omat, U. S. D. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Domat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 6(September), 323–332.

Published
2022-02-28
How to Cite
Inda, I. (2022). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Nubin Smart Journal, 2(1), 118-124. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/170
Section
Articles