Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran

  • Novita Novita SDN 59 Siguntu
Keywords: problem based learning, hasil belajar, siswa SD, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN 59 Siguntu melalui metode Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, dimana guru bertindak sebagai observer dan peneliti juga sebagai pelaksana pembelajaran. Subyek siswa kelas III SDN 59 Siguntu sebanyak 10 siswa. Obyek penelitian adalah hasil pre dan post test pada siswa kelas III melalui model Problem Based Learning (PBL). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda yang dilakukan pada awal dan akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan presentase siswa yang tuntas belajar berdasarkan KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL), media pembelajaran dengan cara guru mengorientasi siswa terhadap beberapa masalah dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa sehingga dapat menstimulus siswa untuk Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaborative mendiskusikan baik kepada teman kelompoknya maupun bersama guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 59 Siguntu Hal itu dapat lihat hasil belajar pada post test. Pada pre test persentase perolehan siswa yaitu 40%. Sedangkan pada post test persentase siswa yaitu 80%  berarti terjadi peningkatan 50% dari capaian target yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan “Suatu Pendekatan Praktik”. Yogyakarta : Pustaka AQ
Dewi, N. P. A. M. dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dhamayanti, N. L. D. D. A. dkk. (2014). Pemaknaan Siswa Kelas X Sma Lab Undiksha Singaraja Terhadap Pembelajaran Geografi Dengan PBL Dalam Menumbuhkan Pola Pikir Kritis. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Gunantara. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2, No. 1 Tahun 2014.
Nafiah, Y. N. (2012). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 1(1).
Natalia. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 75–81.
Sudiatmika, I. M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Published
2021-12-07
How to Cite
Novita, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran. Nubin Smart Journal, 1(1), 103-108. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/168
Section
Articles