Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kreativitas Belajar Siswa
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah masih kurangnya kreativitas siswa dalam membuat karya dalam muatan pelajaran SBDP, penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran belum memberikan ruang untuk mengasah kreativitas siswa, serta siswa kurang berminat dalam pembelajaran SBDP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) gambaran pelaksanaan model pembelajaran kooperatif picture and picture pada mata pelajaran SBdP di kelas V (2) gambaran kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SDN 2 Rantepao, Toraja Utara. Jumlah keseluruhan siswa kelas VI adalah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, penilaian unjuk kerja siswa dalam menilai produk, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture mampu meningkatkan kreativitas siswa pada muatan pelajaran SBDP.
Downloads
References
Agung, A. A. Gede. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publinshing.
Aprudin. (2012). Model-model Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli [Online]. Tersedia: http://007indien.blogspot.com/2012/05/model-model-penelitian-tindakan-kelas.html .[17 April 2013]
Astiti, Desak Kadek Sri, I Wayan Widiana. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp. 30-41.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Kosasih, E. (2015). Startegi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kuningan: Kata Pena.
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indosesia No. 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indosesia No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sawitra, Gita Bagus. (2015). Pengaruh Picture dan Picture berbantuan Power Point Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD di Gugus III Udayana, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2014/2015. Tersedia pada (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5748)
Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2017. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Sugiyono (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RnD. Bandung: Alfabeta.