Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Nur Rahma Sari
Keywords: media audio, keterampilan menyimak, bahasa Indonesia

Abstract

Menyimak merupakan salah satu keterampilan dasar berbahasa yang sangat penting. Dalam proses pembelajaran perlu melatih keterampilan menyimak, sebab menyimak merupakan keterampilan yang cukup mendasar dalam berkomunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media audio untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V UPT SPF SD Inpres Mangga Tiga Kec. Biringkanaya Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan menyimak pada siklus I dalam kategori cukup dan belum mencapai ketuntasan belajar yang diharapkan. Kemudian pada siklus II, kemampuan menyimak dikategorikan sangat baik dan telah memenuhi  ketuntasan belajar yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkat melalui media audio.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Haryadi & Zamzani. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kojongian, R. (2012). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Murid Kelas VI SD Berbantuan Karya II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Enjah, T. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Genesindo.

Sabillah, B. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Media Audio Pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 28-38.

Saddhono, Kundharu & Slamet, St. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Sadiman, Arief, S., dkk. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soedjiatno. (1992). Keterampilan Menyimak dan Pengajarannya I. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang

Sudjana, N., & Ahmad, R. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susilana, R., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Susilo. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Tarigan, H.G. (1994). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan Media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5 (02). 200-209.

Zahro, A., & Sulistyorini, D. (2010). Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak dan Berbicara. Malang: Asis Asah Asuh.

Published
2022-02-28
How to Cite
Sari, N. (2022). Penggunaan Media Audio untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Nubin Smart Journal, 2(1), 86-94. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/160
Section
Articles