Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi pecahan di kelas III SDN 136 Inpres Bonto Tallasa Kec. Simbang Kab. Maros. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 136 Inpres Bonto Tallasa yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil observasi sebagai data primer, serta hasil tes belajar sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pembelajaran materi pecahan dari data rata-rata hasil evaluasi belajar siswa meningkat, yaitu dari prasiklus sebesar 65,95% dengan kategori rendah meningkat menjadi 71,95 % dengan kategori cukup pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90,71% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Tahapan siklus ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dikarenakan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Downloads
References
BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMP dan MTS. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dimyati, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Isjoni. (2009). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
Ibrahim, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Konstektual dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kurniasih,. & Sani. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, N. (2002). Psikolog Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Puspitaningrum. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 2 Branti Raya. Bandar Lampung: FKIP University Lampung.
Ratumanan. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Ambon: Unesa University Press.
Syaiful Sagala. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprijono, A. (2009). Cooperatif Leraning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugioyono. (2016). Model Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.