Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran PKn Kelas V di SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan, hasil belajar siswa pada siklus I masih berada pada kategori tidak tuntas sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori tuntas dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Antang 1 Kota Makassar.
Downloads
References
Abdulkarim, A. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan Membangun Warga Negara yang Demokratis. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Arends, R. (2008). Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Jakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, S., & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Batoq, I., Susila, I., & Rijanto, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sistem Pendidingan Bahan Bakar dan Pelumas di SMKN 3 Sendawar. Teori dan Praktek, 121-122.
Bundu, P. (2016). Asesmen Pembelajaran (Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar). Jakarta: Hayfa Press.
Depdiknas. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, N. (2020). Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila (1st ed.; I. M. Sedana, ed). Bali: Nilacakra.
Doantara, Y. (2015, Juli 05). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Retrieved from www.ipotes.wordpress.com/2015/07/05pembelajarankooperatif-tipe-jigsaw
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ismajanti, & Abdullah, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar. Surabaya.
Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaran Civic Education. Makassar: Celebes Media Perkasa.
Magdalena, I., Haq, A., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Pendidikan dan Sains, 419-422.
Mardiana. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 1 Kaur Selatan Kabupaten Kaur. Bengkulu.
Mujiyanto. (2017, 12 21). Pelajaran sekolah dari usia dini, sd, sekolah menengah, SMA. Retrieved from Pembelajaranku: http://www.pembelajaranku.com/2017/12/pembelajaran-kooperatif-prinsip-prinsip-dan-contohnya-lengkap.html
Prastiyo, f. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta DIdik dengan Model Kooperatif JIgsaw Pada Materi Pemecahan dikelas V SDN Sepanjang 2. CV Kekata Group.
Putra, A. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Putranto, R. (2012). Skripsi "Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Mojosari 03 Puger-Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Jawa Timur: Universitas Jember.
Riskiyah. (2020, Agustus 20). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Desain di SMK N 3 Klaten. Retrieved from E-Jurnal Pendidikan Teknik Busana: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/busana/article/view/2339/0
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penilitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukarmini, N., Suharsono, N., & Sudarma, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Manggis. e-Journal, 5(1).1-8.
Suparno, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 010 Silikuan Hulu Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan. Primary.
Tirtoni, F. (2016). Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV. Buku Baik Yogyakarta.