Peningkatan Sikap Kemandirian Belajar melalui Penggunaan Media Pembelajaran Power Point pada Siswa Kelas
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap kemandirian melalui penggunaan media pembelajaran power point pada siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto Makassar. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan yaitu menggunakan model Kemmis dan Taggart classroom action research. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 20 siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Makassar tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil kemandirian belajar siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto Makassar pada siklus I dikategori belum berhasil dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dan dapat dikategorikan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap kemandirian belajar dapat meningkat melalui penggunaan media power point pada siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto Makassar.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Angkasa
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2015.) Media Video Interaktif Pada Pembelajaran Tematik.
Bandung: Nuansa Cendekia.
Bunandar, Usman. (2017). Guru professional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta, Ciputat Pers.
Daryanto. (2018). Efektivitas Pemberian Penguatan Positif untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Diusia dini. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang.
Desmita. (2015). Analisis Kemandirian belajar siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Iii Sd Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1 No.5, Hal 118-128.
Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Kustandi. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Cava Media.
Mudjiman. (2011). Media Pembelajaran Media dan Digital. Bogor: Ghalia.
Mujiman, Firdaus. (2018). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyagkarta: Pustaka Pelajar.
Nurhayati, Rachma. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:
Universitas Terbuka.
Rochiati Wiriatmadja. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,
Rostina. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Angkasa.
Rusyan, Haris. (2016). Manajemen Pelatihan Berbasis Mandiri. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadiman, Arief. (2017). Media Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Supardi, Andi. (2015). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Cava Media.
Sutikno. (2016). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Suyadi. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tirtahardja, Sulo. (2015). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Muhammad. (2016). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wati, Novita & Zuhdi, Andi. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak, Jurnal Kordinat. Vol. XVI No. 12, Hal. 45-54.