Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas SD pada Mata Pelajaran Indonesia

  • Nur Annisa Basri Universitas Negeri Makassar
  • Nassaruddin Nassaruddin
  • Ahmad Syawluddin
Keywords: model pembelajaran kooperatif, tipe scramble, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV; (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV; (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri Sungguminasa IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni quasi eksperimen dengan menggunakan dua subjek yakni kelas IVa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVb sebagai kelas kontrol. Perhitungan pengujian hipotesis menerapkan bantuan program IBM SPSS Statistic Versi 20. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Pemberian tes berupa pretest dan posttest untuk masing-masing setiap subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji hipotesis dengan menerapkan independent sample t-test yaitu membandingkan hasil belajar (Posttest) siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan taraf signifikan sebesar 5% (0,05). Hasil uji independent sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Sungguminasa IV Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asril, A. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas II UPTD SD Negeri 89 Barru. Global Journal Basic Education, 1(2), 66-71.
Huda, Miftahul. 2013. Model pengajaran dan pembelajaran (isu-isu metodis dan Paragmatis).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karunia, A. S. 2020. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada peserta didik kelas II sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(6).
Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. 2018. Penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Scramble Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Tanggung Jawab Dan Disiplin Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).
Sudjana, N.2002. Media Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
2023-02-24
How to Cite
Basri, N., Nassaruddin, N., & Syawluddin, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas SD pada Mata Pelajaran Indonesia. Nubin Smart Journal, 3(1), 1-11. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/138
Section
Articles