Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan proses belajar dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa menulis cerita fiksi kelas IV UPT SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru(peneliti) dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus 1 hasil observasi guru berada pada kategori cukup (C), hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 61,11% dengan nilai rata-rata 73,16. Pada siklus II hasil observasi guru pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan 88,88% dengan nilai rata-rata 80,27. Hal ini menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 1 Tonronge Kabupaten Sidrap setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) mengalami peningkatan yang signifikan.
Downloads
References
Hafi, A., Ayananda, J., & Chamisijati, L. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Evektif Pada Siswa Kelas III SDN Sumbersari 1 Kota Malang. Jurnal Basicedu. Vol. 3, No.1,118-124.
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT RajaGrafindo Persada; Jakarta.
Nasional, U. S. P. (n.d.). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Sfae) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. 1497–1508.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.