Pengaruh Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas II SD

  • Ilmi Ramdana Universitas Negeri Makassar
  • Nurhaedah Nurhaedah Universitas Negeri Makassar
  • Erma Suryani Sahabuddin Universitas Negeri Makassar
Keywords: media pembelajaran, tabel perkalian pintar, pemahaman konsep, perkalian

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penggunaan media tabel perkalian pintar pada siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Kota Makassar, (2) Gambaran pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Kota Makassar, (3) Pengaruh penggunaan media Tabel Perkalian Pintar terhadap pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Kota Makassar. Pemilihan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Kota Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes,, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan independent samplet-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) Gambaran penggunaan media pembelajaran tabel perkalian pintar terlihat berdasarkan lembar observasi, dari tahapan-tahapan pembelajaran yang di amati pada setiap pertemuan proses pembelajaran terlihat meningkat melalui kegiatan siswa maupun guru, (2) Gambaran pemahaman konsep perkalian siswa dengan menggunakan media tabel perkalian pintar, pada perolehan hasil pretest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masuk dalam kategori cukup. Sedangkan, pada perolehan hasil posttest kelompok eksperimen berada pada katego baik dan kelompok  kontrol, (3) Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai probabilitas pada posttest kedua kelompok yaitu P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tabel perkalian pintar memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep perkalian siswa kelas II SD Islam Cokroaminoto 1 Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Alfonita, F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dengan Menggunakan Alat Peraga Keranjang Hapy (KEPPY). (Vol. 2, Issue January). https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022

Amrah, Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47–66.

Arfani, A. L., & Yuliawati, F. (2021). Analisis Pemahaman Siswa Kelas Rendah Terhadap Konsep Perkalian pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 211. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3027

Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 36(1), 9–34.

Dewi, V. F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.26816

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Handayani, A. F. (2019). Penggunaan Alat Peraga Takalintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Perkalian. Online Journals.

Harina, D., Monawati, & Nurmasyitah. (2019). Pengaruh penggunaan media tabel perkalian pintar (TAKALINTAR) terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian bersusun di kelas IV SDN 4 Tapaktuan Aceh Selatan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, 3(1). http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/13338

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Kognisi, P. K., Risiko, P., Jenis, D. A. N., Bidori, F., Puspitowati, L. I. dan I., Wijaya, I. G. B., Alifah, U., Artikel, I., Paedagoria, S. N., Anwar, I., Jamal, M. T., Saleem, I., Thoudam, P., Hassan, A., Anwar, I., Saleem, I., Islam, K. M. B., Hussain, S. A., Witcher, B. J., … alma. (2021). Efektivitas Penggunaan Media TAKALINAR (Tabel Perkalian Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 173 Kertoraharjo, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845

Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Moscharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61-70. https://doi.org/10.31980/musharafa.v8i 1.388

Meranti, D. I. K. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Bilangan Asli dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas II SDN Kalipucang Bantul. II, 1-5.

Nikmatuzaroh, R. . dan N. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Batang Napier Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas IV SDIT Al-Hikamh Pulung Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020.

Pestotnik, K. (2011). Bagaimana Pengelolaan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika di SDN Dari 2 Plupuh Sragen Tahun 2020-2021.

Pulungan, S. (2013). Matematika Dengan Media Flipchart Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Saparuddin Pulungan Pekanbaru 1434 H / 2013 M.

Rahmah, N., & Asnidar, A. (2015). Hubungan Penguasaan Perkalian dan Pembagian Dasar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo. Jurnal Elemen, 1(1), 57. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.81

Restrepo Klinge, S. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.

Santi Deliani Rahmawati, H. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media RAKTAPEL (Rak Telur Pelangi) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Perkalian dan Pembagian. 3(2017), 54–67. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

SAPURO, J. T. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Stik pada Materi Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas II MI Al-Ikhsan Turen Kabupaten Malang.18(2), 22280. http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006

Sugiyono, 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatf, kualitatif dan R&D). Bandung: Alvabeta

Suhliyatin, N., Yanuardianto, E., & Mpd, I. (2021). PERKALIAN PINTAR ( TAKALINTAR ) DALAM PENDAMPINGAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DESA KAMAL.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/166

Utami, R. D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Media Papan Takalintar (Tabel Kali Pintar) Terhadap Hasil Belajar Matematika …. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1345

Wardhani, Krishna Dhiya., Susilorini, Retno, MI., & Agghita, Jata, Lintang., Ismail, A. (2020). Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136.

Published
2022-12-05
How to Cite
Ramdana, I., Nurhaedah, N., & Sahabuddin, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas II SD. Nubin Smart Journal, 2(4), 121-136. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/130
Section
Articles