Pengembangan Media Pembelajaran Seni Musik Berbasis Android pada Muatan Pelajaran SBdP Siswa Kelas V
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran, sehingga media yang digunakan hanya berupa teks yang terdapat dalam buku tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menghasilkan produk yang layak untuk diterapkan pada muatan pelajaran SBdP di SD, tepatnya di kelas V SD Negeri 22 Soreang, Kabupaten Majene. Penelitian ini mengembangkan produk media pembelajaran seni musik berbasis android. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian Alessi dan Trollip yang dilakukan dengan melalui tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada validator ahli materi dan ahli media untuk menilai kevalidan produk, dan angket yang ditujukan kepada wali kelas dan siswa kelas V SD Negeri 22 Soreang, Kabupaten Majene untukĀ menilai kelayakan produk. Hasil penelitian berdasarkan uji alpha yang dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media dalam kategori sangat valid. Kemudian berdasarkan uji beta oleh responden yaitu wali kelas dan siswa kelas V SD Negeri 22 Soreang Kabupaten Majene termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil yang didapatkan melalui validasi dan uji coba produk oleh responden dapat disimpulkan bahwa produk ini layak untuk digunakan di kelas V SD.
Downloads
References
Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi III). Jakarta: PT. Rineka Cipta
Damayanti, D., & Magdalena, i(2021). Jago Mendesain Pembelajaran. Tangerang. Guapedia.
Hasan , Muhammad, Milawati, & Darodjat. (2021). Media Pembelajaran. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Farmaka Tropis Samarinda.Tahta Media Grup.
Hendri, N., & Anugrah, S. (2019). Development Ofweb-Basedmaterials Usingmoodle Applications In E-Learning System.
Herliani, & Dididmus, T. B. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. Klaten. Penerbit Lakeisha.
Isnarto, Abdurrahman, & Sugianto. (2017). Pengembangan Laboratorium Media Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Sekolah. Jurnal Profesi Keguruan.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Penerbit Bintang Surabaya.
Surjono, Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate storyline Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan