Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V

  • Nila Sahrana dg. Mapaccin Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Halik Universitas Negeri Makassar
  • Yulia Yulia Universitas Negeri Makassar
Keywords: model pembelajaran ttw, hasil belajar, menulis paragraf deskriptif

Abstract

Studi ini menelaah model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa menulis paragraf deskriptif siswa kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru Kabupaten Barru pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data hasil observasi guru pada siklus I mencapai 77,77% dengan kategori baik (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 88,88% dengan kategori baik (B). Data hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 79,44% dengan kategori baik (B) dan siklus II mencapai 88,66% dengan kategori baik (B). Begitupun dengan data hasil belajar siswa menulis paragraf deskriptif siklus I mencapai 63,15% dengan kategori cukup (C) dan pada siklus II menulis paragraf deskriptif 85% dengan kategori baik (B). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) proses belajar dan hasil belajar siswa menulis paragraf deskriptif Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru Kabupaten Barru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dery, D. W., Pebriana, P. H., & Putra, K. E. (2019). Research & Learning in Primary Education Penerapan Model Kooperatif Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(1).

Mesterianti, M., Simarmata, M. Y., & Firtawati, S. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 98. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083

Mahaputra, I Gede Dody, Ni Ketut Suarni, I. N. M. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Semester Ganjil Sdn 4 Bungkulan Tahun Pelajaran 2016-2017. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3).

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Pendidikan, J., Dery, D. W., Pebriana, P. H., & Putra, K. E. (2019). Research & Learning in Primary Education Penerapan Model Kooperatif Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(1).

Setiyaningrum, E., & Istiqomah. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think – Talk - Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Magelang. Union, 3(1), 9–16.

Sibuea, M. F. L. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 2528–4363.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229–234.

Published
2022-12-05
How to Cite
Mapaccin, N., Halik, A., & Yulia, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas V. Nubin Smart Journal, 2(4), 89-98. Retrieved from https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/121
Section
Articles