Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kabupaten Barru
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dalam meningkatkan proses dan hasil belajar tentang keberagaman karakteristik individu siswa kelas III UPTD SDN 73 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dalam meningkatkan proses dan hasil belajar tentang keberagaman karakteristik individu siswa kelas III UPTD SDN 73 Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa tentang keberagaman karakteristik individu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 15 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi baik (B) sedangkan observasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan siklus II hasil penelitian proses pembelajaran observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang keberagaman karakteristik individu siswa kelas kelas III UPTD SDN 73 Barru.
Downloads
References
Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.
Nureva, N., & Wulandari, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 15–27.
Rahayu, T., & Abidin, Z. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 6.