Pengembangan Multimedia Pembelajaran Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan untuk Siswa Kelas V SD
Abstract
Proses pembelajaran di SD Negeri 4 Padoang-Doangan belum terdapat penggunaan media pembelajaran berbasis android. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi problem tersebut yaitu dengan mengembangkan dan menghasilkan produk multimedia pembelajaran operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Alessi dan Trollip. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Padoang-Doangan Kabupaten Pangkep. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan meliputi tahap perencanaan (planning), tahap desain (design), dan tahap pengembangan (development). Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket yang ditujukan kepada seorang ahli materi dan seorang ahli media untuk menilai kevalidan produk, serta ditujukan kepada pengguna yaitu 25 orang siswa dan wali kelas V B untuk menilai kelayakan produk. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kualitatif berupa deskripsi komentar dan saran hasil validasi serta hasil angket pengguna dan data kuantitatif didapatkan dengan menganalisis dan mengolah data secara deskriptif menjadi data interval. Hasil uji kevalidan yang ditinjau dari penilaian ahli materi dan ahli media berada pada kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh siswa dan wali kelas VB berada pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan uji kelayakan produk maka didapatkan bahwa multimedia pembelajaran operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Irawati, D. A., Astiningrum, M., & Diwantari, A. R. (2018). Pengembangan Game 2D Kesehatan Mulut dan Gigi Menggunakan Metode Analytical Heurarchy Process. Seminar Nasional Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta, 1(1), 173-183.
Mahmud, N. F. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Rumah Adat Nusantara (RAN) Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV B SD Telkom Makassar. PGSD, 1(1), 1–8.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Nuha Medika.
Mulyati, T. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika, 2(1), 23–31.
Permendikbud RI 2013 No. 65. Prinsip Pelaksanaan Proses Pembelajaran. [Principles of Implementing the Learning Process].
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Journal of Chemical Information and Modeling (Sembilan Belas, Vol. 53, Issue 9). Alfabeta, CV.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (Fitriyanti (ed.); Pertama). UNY Press.
Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10236
Tanti, Isnandi, H., & Maison. (2020). Konstruksi dan Validasi Bahan Ajar Fisika Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 5 (1), 28-34