Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kabupaten Barru
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang penyajian data di kelas V UPTD SD Negeri 73 Barru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang penyajian data di kelas V UPTD SD Negeri 73 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa meningkat dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar pada siklus I hanya 6 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 8 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 84. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 73 Barru.
Downloads
References
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.
Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Israwaty, I., & Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics): Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6.
Siregar, E. Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Pair Checks (Pasangan Mengecek) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 1 Tantom Angkola. Jurnal Education and development, 5(2), 6.
Wulandari, F. A., Kurniawati, U. M., & Rohimawan, Moh. A. (2020). Problematika Mata Pelajaran Matematika Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 109–115.
Zainal, Z. & Pasinggi, Y. S., (2018). Pendidikan Matematika 1 Bilangan, Faktor, dan Kelipatan Persekutuan. Badan Penerbit UNM.